Paralayang Manado Fiesta

14 February 2020 67x Artikel

Beranda » Artikel » Paralayang Manado Fiesta

Paralayang Manado Fiesta sendiri adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Manado secara rutin. Tahun 2019 kemarin, adalah tahun ketiga diselenggarakannya kegiatan tersebut. Kegiatan atau event yang diselenggarakan sendiri cukup beragam, hal ini, tentunya dilakukan, untuk membangun pariwisata, serta meningkatkan minat para wisatawan untuk mengunjungi kota Manado. Kegiatan ini sendiri akan dilakukan selama 9 hari, mulai dari tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus 2019, dengan meliputi pesta di darat, pesta di laut, dan juga pesta di udara. Salah satu pesta di udara yang diselenggarakan adalah kegiatan paralayang.

Paralayang Manado Fiesta

Namanya adalah Paralayang Manado Fiesta yang umumnya diselenggarakan selama 3 hari. Seperti yang diselenggarakan pada tahun 2019 kemari, yang diadakan dari tanggal 1 Agustus hingga tanggal
3 Agustus 2019. Dalam kegiatan tersebut, menggunakan kategori FAI Cat 2, dengan beberapa kelas perlombaan yang ditawarkan, antara lain :

• Men senior (dengan rating PL 2/Para Pro 4 ke atas)
• Woman Senior (dengan rating PL2 / Para Pro 4 ke atas)
• Men Junior (dengan rating PL1 / Para Pro 30
• Women Junior (dengan rating PL1? Para Pro 3)
• Team
• Master

Kegiatan ini sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak tanggal 31 Juli 2019, dimana pada tanggal tersebut, akan diselenggarakan kegiatan registrasi ulang dan technical meeting. Sedangkan untuk tanggal 1 hingga 3 Agustus 2019 sendiri adalah dilakukannya olahraga tersebut. Yang dimulai dengan upacara pembukaan, dan latihan pada tanggal 1 Januari 2019. Dilanjut dengan tanggal 2 Agustus, sebagai dimulainya tanggal kejuaran, dan berakhir pada tanggal 3 Agustus 2019. Dimana pada tanggal tersebut, tidak hanya kejuaraan saja yang dilaksanakan, tapi juga pemberian hadiah bagi para pemenang dan juga upacara penutupan.

Dalam kegiatan ini, hanya para pilot yang sudah mempunyai lisensi dari FAI saja yang dapat mengikuti kegiatan tersebut. Kriteria lomba yang akan dinilai dalam kegiatan ini adalah tentang ketepatan mendarat / landing.

Lokasi paralayang

Adapun lokasi Paralayang Manado Fiesta ini sendiri diselenggarakan di Gunung Tumpa. Tepatnya berada di kecamatan Bunaken, kota Manado, Sulawesi Utara. Selain sebagai lokasi konservasi hutan lindung, kini kawasan tersebut, juga turut diperkenalkan sebagai lokasi yang pas, untuk olahraga paralayang. Tidak main-main, spot ini juga sudah dipersiapkan dengan baik, untuk menjadi sport wisata, bahkan turnamen paralayang tingkat internasional.

Berada di ketinggian 350 meter di atas, permukaan laut, dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Manado, yaitu hanya sekitar 12 km saja. Membuat objek wisata ini mudah untuk dikunjungi. Selain itu, sesampainya di lokasi tersebut, para pengunjung, dalam hal ini, para peserta lomba, akan disuguhkan dengan pemandangan pulau Manado, dan pulau Bunaken yang indah. Apalagi semua hal tersebut dapat dinikmati oleh para peserta secara leluasa di atas cakrawala yang indah.

Peserta dan jumlah peserta yang ikut paralayang

Adapun jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan Paralayang Manado Fiesta 2019 kali ini, terbilang cukup banyak, yaitu lebih dari 90 peserta. Adapun peserta yang ikut, tidak hanya berasal dari tanah air saja, namun ada juga yang berasal dari mancanegara, tercatat ada 15 provinsi yang ikut, dan 5 perwakilan negara lainnya. Beberapa peserta yang ikut dari Indonesia antara lain, Jawa Barat, Sumatra Utara, Solo, Malang, DKI Jakarta, NTT dan daerah lainnya. Sedangkan dari mancanegara, ada yang berasal dari Hungaria, Malaysia, Australia, Pakistan, dan dari Korea Selatan. Pastinya peserta dari Sulawesi Utara, ada dalam kegiatan ini. Kebanyakan para peserta yang ikut, adalah atlet handal dari perwakilan daerah dan negaranya masing-masing.

Kemeriahan paralayang Manado Fiesta

Kejuaraan Paralayang Manado Fiesta tahun 2019 kali ini dibuka secara resmi oleh Walikota Manado, Dr. Ir. G.S. Vicky Lementut SH,.MS.i. DEA. Tidak sendiri, sang walikota tersebut juga didampingi oleh Danlanudsri, Kol. Pnb. Jonny Sumaryana, SE, selaku ketua Fasida Sulut, dan ada juga Kadis Dispora kota Manado, Laurens Umboh.
Dalam kegiatan kali ini, para peserta benar-benar disuguhkan dengan pemandangan serta kesulitan dalam melakukan penerbangan yang maksimal, mengingat landscape yang ada terbilang cukup menarik.

 

Paket Wisata Paralayang di Berbagai Daerah :

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.